iPhone 7 Resmi Meluncur, Ini 8 Fakta Keunggulanya

iPhone 7 Resmi Meluncur, Ini 8 Fakta Keunggulanya

Hari ini, Kamis (8/9/2016), iPhone 7 & iPhone 7 Plus akhirnya resmi meluncur. Sederet bocoran terbantahkan, meski tak begitu jauh dari rumor yang selama ini beredar. Datang dengan pilihan warna gold, silver, rose gold, black dan jet black, iPhone 7 membawa sederet keunggulan.

Tahan Air

Sebagaimana bocoran yang selalu beredar, iPhone 7 ternyata benar-benar memiliki fitur tahan air. Apple tampaknya tak ingin kalah dari rival beratnya Samsung. Perusahaan milik mendiang Steve Jobs itu langsung membubuhkan sertifikasi IP67. Dengan begitu, iPhone bisa diajak ‘nyebur’ hingga kedalam satu meter.

Port audio 3,5 mm

Port audio 3,5mm lenyap sudah dihilangkan Apple. Perusahaan dengan lambang buah Apple tergigit ini resmi menanggalkan colokan audio konvensional dengan port Lightning yang selama ini menjadi port untuk mengisi daya.

Menariknya, Apple bakal menyuguhkan aksesori AirPods, yaitu sepasang earphone yang bisa terhubung dengan iPhone tanpa bantuan kabel yang memanfaatkand teknologi nirkabel untuk menangani proses transfer data audio dari iPhone ataupun Apple Watch ke AirPods.

 Earphone unik ini memiliki sensor khusus yang bisa mendeteksi apakah sedang dipasang dan dipakai di telinga, juga accelerometer gerak untuk mengaktifkan Siri. AirPods mampu bertahan selama 5 jam pemakaian untuk pengisian penuh berikut case baterai yang bisa dipakai selama 25 jam.

Home Button Canggih

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus mengadopsi solid-state Home Button. Tombol masih tetap diposisi yang sama dengan teknologi yang lebih kuat, responsif dan sensitif terhadap tekanan. Canggihnya, Apple membuatnya dapat terintegrasi kepada Taptic Engine yang sebelumnya hanya bekerja untuk layar di iPhone 6s atau iPhone 6s Plus. Pengguna bakal merasakan vibrasi ketika ada pesan yang masuk atau notifikasi baru.

Kamera

Teknologi 12MP dan optical image stabilization hadir untuk kedua jenis iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Pengguna bisa menghasilkan foto yang lebih tajam dan hasil terang di keadaan minim cahaya berkat aperture f/1.8, 6 elemen lensa penyusun, serta enam warna LED yang bakal menghasilkan gambar lebih natural pada malam hari.

Kemampuan kamera itu didukung image processor teranyar yang dikatakan menggunakan machine learning untuk membaca layar, mengatur fokus, exposure, dan warna gambar secara otomatis.

Sedangkan untuk kamera selfie, akhirnya Apple memberikan peningkatan yakni berupa kamera 7MP yang diberi nama FaceTime HD camera yang diklaim lebih stabil dan bagus.

“semua teknologi dan fitur di kamera iPhone 7 benar-benar baru,”kata Senior Vice President Marketing Apple Phil Schiller, sebagaimana disaksikan JerukNipis, Kamis dini hari, dari siaran langsung perilisan duet iPhone 7 secara streaming.

Retina HD Display

Jika iPhone 6 dan iPhone 6S sudah sangat jernih layarnya maka iPhone 7 dan 7 plus memiliki layar yang lebih jernih lagi. Kejernihan tersebut disponsori oleh kehadiran spektrum warna dengan standar industri film berkat color gamut yang semakin ditingkatkan. Apple juga membuat layar di iPhone 7 dan iPhone 7 dapat bersinar lebih cerah hingga 25% dan tentunya mendukung 3D Touch.

Performance

Perbedaan signifikan pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus terletak pada ukuran dan kamera gandanya. iPhone 7 mengusung layar retina 4,7 inci, sementara iPhone 7 plus lebih jumbo dengan layar 5,5 inci.

Jeroannya mengandalkan chipset A10 Fusion yang memiliki 3,3 miliar transistor yang membuat performanya 40% lebih kencang ketimbang A9 serta dua kali lebih cepat dibanding A8 yang digunakan pada iPhone 6 dan 6S.

GPU baru juga turut disisipkan dengan kinerja yang diklaim 50% lebih baik dibanding A9 yang dipakai iPhone 6S dan 6S Plus atau tiga kali lebih ngebut dari A8.

Kapasitas Beragam

Apple menyediakan tiga pilihan penyimpanan yakni 32 GB, 128 GB dan 256 GB, dengan begitu kapasitas 16GB akhirnya resmi dihilangkan oleh Apple.

Harga

iPhone 7 dilego dengan harga mulai USD 649 atau sekitar Rp 8,4 juta jika dirupiahkan dengan kurs saat ini. Sedangkan iPhone 7 Plus dilepas seharga USD 769 atau sekitar Rp 10 juta. Apple bakal menggelar lapaknya untuk pertama kali pada 9 September 2016 mendatang dengan 25 negara terpilih yang sudah mendukung Apple Store atau Apple Online Store termasuk AS, Inggris, dan China.

(ARB)