Browser Opera 41 Terbaru, Diklaim Lebih Ngebut

Browser Opera 41 Terbaru, Diklaim Lebih Ngebut

Opera umumkan versi terbaru dari web browser untuk mereka pengguna komputer Windows. Versi terbaru dari browser Opera 41 ini diklaim menyodorkan akses yang cepat serta lebih enteng ketika membuka banyak banyak tab di browser.

Dampak tersebut bisa dirasakan hingga menyentuh persentase 80% lebih cepat. Hal ini tidak terlepas dari adanya salah satu fitur utama yakni urutan startup yang bertujuan untuk menghilangkan sebagian besar waktu tunggu saat kali pertama membuka Tab satu persatu.

“Setiap hari, jutaan orang membuka browser mereka. Banyak dari orang-orang ini memiliki lebih dari 10 tab yang terbuka, atau bahkan lebih dari 50 jika kamu benar-benar sering sekali menggunakan browser. Dengan startup baru yang lebih cerdas kami memotong hampir semua waktu startup untuk tab yang paling penting bagi kamu, tidak peduli berapa banyak tab yang kamu miliki ketika mulai membuka browser,” kata Krystian Kolondra, SVP dari browser Opera untuk Komputer, kepada JerukNipis melalui siaran pers, Selasa (25/10/2016).

Bagaimana caranya?

Selama lebih dari sepuluh tahun, pengaturan standar ketika meluncurkan browser Opera ialah memulai kembali di mana pengguna meninggalkannya di sesi sebelumnya. Sekarang, dengan penambahan urutan startup yang lebih cerdas, Opera mampu memulai lebih cepat dengan memberikan prioritas pada tab yang terakhir aktif dan tab yang dikunci. Dengan memprioritaskan tab yang paling penting untuk pengguna, kebanyakan pengguna bakal merasakan bahwa konten termuat sangat cepat.

Seberapa cepatkah?

Hasil tes menunjukkan peningkatan kecepatan rata-rata 86% ketika menguji waktu startup dengan lebih dari 42 tab terbuka di sesi sebelumnya. Untuk satu set dengan sekitar 10 tab, hasilnya masih di atas 50%.

“Tahun ini, kami telah berhasil memimpin persaingan di antara browser-browser lainnya dan mencarikan solusi bagi berbagai keluhan pengguna. Itu sebabnya kami telah memperkenalkan fitur unik seperti VPN, ad blocker bawaan, penghemat baterai dan video pop-out,” kata Krystian Kolondra, SVP dari browser Opera untuk Komputer.

Selain itu, Opera 41 juga dilengkapi dengan berbagai perbaikan lainnya. Diantaranya yakni melakukan video conference dan fitur video pop-out di Opera saat ini sudah didukung oleh akselerasi hardware tidak seperti sebelumnya yang didukung oleh CPU. Hal ini menurunkan kebutuhan untuk dukungan CPU dan membebaskan sumber daya PC untuk hal-hal lain, sehingga komputer dapat bekerja lebih cepat dan mengurangi konsumsi baterai.

Opera juga sudah melakukan banyak perbaikan pada personalized newsreader termasuk opsi untuk menambah sumber bahkan jika pengguna tidak tahu URL RSS yang tepat.

Hasil Penelitian

Tes dilakukan dengan 42 website terbuka di sesi yang telah disimpan dalam sejarah. Menggunakan Lenovo Yoga 300 i3, SSHD 8GB dan Windows 10.

Beberapa versi Opera diuji dengan pengaturan bawaan:
O40 (40.0.2308.90) pengaturan bawaan
O41 (41.0.2353.40) pengaturan bawaan

Pengukuran waktu dihitung sampai tab aktif benar-benar dimuat dan dapat digunakan, kemudian tes diulang 10 kali dan menerapkan rata-rata. Cold start berarti browser pengguna belum dibuka sejak restart sistem operasi.

Sedangkan warm start terjadi ketika browser telah ditutup dan tanpa OS restart, pengguna kemudian meluncurkan browser lagi. Ini biasanya lebih cepat daripada cold start, karena beberapa kumpulan data yang dibutuhkan mungkin masih berada di memori RAM.

(ARB)