Moto E3 Power Resmi Dijual Rp 1 Jutaan, Mungkinkah Kejayaan Motorola Terulang ?

Moto E3 Power Resmi Dijual Rp 1 Jutaan, Mungkinkah Kejayaan Motorola Terulang ?

Hari ini, Rabu (26/10/2016), akhirnya Motorola kembali lagi ‘bangkit’ di Tanah Air, setelah sebelumnya tertidur cukup lelap. Lewat Moto E3 Power, Motorola memulai dari awal bisnisnya. Tentu lewat bantuan Lenovo yang sejatinya sudah mengakusisi perusahaan ini sejak Oktober 2014 lalu.

Motorola sebagai merk besutan Amerika Serikat, memang sempat berjaya pada masanya. Brand ini menuai banyak prestasi, terlebih di Tanah air yang kala itu memperoleh brand awareness yang kuat, seperti seri Razr. Bahkan penjulan global seri ini sangat fantastis, hingga pernah menembus angka 130 juta unit.

Kini uang senilai USD2,91 miliar berhasil ‘merenggut’ Motorola untuk menjadi milik Lenovo. Dengan uang sebanyak itu, Lenovo memiliki sepenuhnya Motorola termasuk 3.500 SDM, aset di 33 negara, hingga 2.000 paten kini menjadi milik Lenovo.

Menandai diakuisisinya Motorola oleh Lenovo, perusahaan ini merilis sebuah ponsel entry-level yang diboyong ke Indonesia. Tentu, dengan harapan kejayaan Motorola dapat terulang kembali seperti kala itu.

"Moto is back. Kami senang menghadirkan Motorola yang legendaris di Indonesia. Mengingat penggemar di Indonesia sangat banyak, kita optimis Motorola bisa berjaya kembali lewat Moto E3 Power sampai dengan produk-produk lain yang nantinya kita luncurkan,” kata Adrie Suhadi, Country Lead, Lenovo MBG Indonesia, dalam acara yang dilakukan di Empirica, Jakarta, Rabu (26/10/2016).

Moto E3 Power sendiri datang dengan layar sentuh HD 5 inci beresolusi 720p. Kamera utamanya disokong sensor 8MP, kamera depan 5MP, RAM 2 GB, prosesor quad-core 64 bit, serta sistem operasi Android Marshmallow.

Sedangkan baterainya, Moto E3 Power diperkuat daya 3500mAh yang diklaim sangat irit. Bahkan terdapat fitur pengisian daya cepat, yakni hanya butuh 15 menit pengecasan untuk pemakaian 5 jam.

Tahan Percikan Air

Memang Moto E3 Power tidak disodorkan fitur tahan air, apalagi sertifikat IP53, IP67 dan sebagainya. Namun begitu, ponsel ini diklaim tangguh untuk menghadapi air dengan skala percikan seperti hujan.

Ketahanan ini lantaran adanya fitur bernama nano coating water repellent pada komponen-komponennya. Sehingga, ponsel ini mampu mentolerir hadirnya percikan air untuk tidak masuk pada area sensitif.

Dijual Hanya Online

Untuk semua kemampuan itu, Lenovo membanderol Moto E3 Power dengan harga Rp 1.899.000 yang dapat dipesan melalui retailer online Lazada per hari ini. Harga tersebut sudah termasuk cashback Rp 100.000 dan bundling paket internet XL sebesar 12 GB untuk setahun penuh. Masa promosi ini berlangsung hingga 11 November mendatang.

Alasan dijual Online karena merupakan strategi diferensiasi dengan ponsel Lenovo yang sudah mapan di ritel offline. Anvid Erdian, Mobile Business Group 4P Manager Lenovo Indonesia menyebut bahwa saat ini produk Moto hanya difokuskan secara Online, untuk strategi kedepannya masih belum tahu.

“Kita belum tahu sampai kapan dijual Online, yang jelas penjualan secara Online ini merupakan uji reaksi pasar terhadap brand Motorola yang sudah lama absen. Jadi, kita tunggu saja kapan bakal dijual secara Offline,” terang Anvid.

Sekadar informasi, Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang kebagian Moto E3 Power. Beberapa negara di Asia seperti India, Vietnam, dan Thailand juga telah lebih dulu mendapatkan Moto E3 Power. Walau begitu, Moto E3 Power di Indonesia cukup istimewa lantaran benar-benar dibuat di Tanah Air.

(ARB)