Review Samsung Galaxy S6 Edge+: Tampil Lebih Besar Dengan Kemampuan Lebih Gahar

Review Samsung Galaxy S6 Edge+: Tampil Lebih Besar Dengan Kemampuan Lebih Gahar

Setelah terbilang cukup sukses menghentak pasar smartphone dunia dengan Galaxy S6 Edge, Samsung rupanya tidak ingin pamor klan Galaxy S6 langsung redup begitu saja. Ya, vendor Korea Selatan ini langsung meluncurkan Galaxy S6 Edge+ yang merupakan opsi bagi mereka yang menginginkan smartphone dengan ukuran layar yang lebih besar namun tangguh dari sisi performa.

Menyandang gelar plus, smartphone yang satu ini tentunya hadir dengan ukuran layar lebih besar bila dibandingkan dengan para pendahulunya, yaitu Samsung Galaxy S6 maupun Samsung Galaxy S6 Edge. Namun, selain ukurannya yang lebih besar, apalagi keunggulan yang dimiliki oleh ponsel yang satu ini? Simak review selengkapnya dari tim JerukNipis berdasarkan beragam sisi penilaian di bawah ini ya!

Design

"Wow!" merupakan kata pertama yang meluncur dari tim JerukNipis saat melihat tampilan mewah yang disuguhkan oleh Samsung Galaxy S6 Edge+, Jerukers. Tampilan yang begitu cemerlang dari kombinasi sempurna antara layar lebar yang dibungkus dengan kemilau warna emas yang menggoda sekaligus berkesan mewah pada bodi berbahan metal. Perpaduan yang ciamik ini mampu membuat siapapun yang melihatnya langsung terpukau.

 

Dengan mengusung material bodi berbahan metal serta pilihan warna deluxe yang dihadirkan oleh Samsung dalam seri Galaxy S6 Edge+ garapannya kali ini, Jerukers akan mendapatkan kesan premium bahkan hanya dengan memandangnya saja. Dan, meskipun terbilang memiliki ukuran dimensi yang cukup besar, smartphone berukuran bongsor ini terbilang nyaman untuk digenggam dan juga digunakan, Jerukers.

 

 

Mengusung dimensi berukuran 154,4 x 75,8 x 6,9 mm serta bobot seberat 153 gram, Samsung Galaxy S6 Edge+ terbilang sangat compact untuk ukuran sebuah phablet. Dan tidak hanya sampai di situ saja, berdasarkan pengalaman tim JerukNipis yang telah terlebih dahulu menjajal keunggulan smartphone yang satu ini, sisi prestige yang dibutuhkan oleh para kaum urban dalam menggunakan sebuah ponsel pun sepertinya dapat terpenuhi oleh handset dengan beragam kekayaan fitur yang satu ini, lho.

 

Namun, meski memiliki ukuran layar yang lebih megah, Samsung Galaxy S6 Edge+ tak menghilangkan ciri khas tombol fisik pada bagian depan ponsel yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari, Jerukers. Selain itu, penempatan tombol volume pada bagian kiri dan juga tombol kunci alias lock yang berada pada bagian kanan ponsel pun semakin sukses menampilkan kesan ergonomis yang aduhai.

Display

Samsung Galaxy S6 Edge+ hadir dalam ukuran layar lebar dual-edge Super AMOLED berukuran 5,7 inci dengan resolusi 2560 x 1440 piksel serta kerapatan piksel berukuran 518 ppi. Dengan kualitas tampilan gambar Quad-HD yang diusungnya, ponsel berbody bongsor yang satu ini terbilang sangat nyaman untuk digunakan dalam membaca beragam artikel maupun menonton sebuah video dan juga bermain game.

 

Dan berdasarkan pengalaman tim JerukNipis, Samsung Galaxy S6 Edge+ terbukti mampu memanjakan kedua bola mata kita dengan tampilan gambar yang dihasilkannya. Bahkan, smartphone asal Korea Selatan yang satu ini terbilang cukup nyaman untuk digunakan di bawah teriknya pancaran sinar mentari lho.

Performance

Untuk urusan performance, Samsung Galaxy S6 Edge+ yang diperuntukkan bagi para penggila gadget di kelas high-end ini ternyata mampu menghadirkan sistem pengolahan data mumpuni yang menyeimbangi tampilan super mewah yang diusungnya, Jerukers.

 

Dengan menanamkan prosesor 64-bit octa-core Exynos 7420 berkecepatan 2,1 GHz yang dikombinasikan dengan ukuran RAM sebesar 4 GB , serta arsitektur grafis super mumpuni dari Mali-T760 dan juga memori internal berukuran 32 GB, Samsung Galaxy S6 Edge+ tampil semakin gahar. Untuk menegaskan kemampuan performa yang dimiliki oleh ponsel yang satu ini, tim JerukNipis telah menyiapkan beragam screenshoot atas hasil benchmark dari berbagai platform seperti berikut ini:

Software/User Interface (UI)

Samsung Galaxy S6 Edge+ berjalan dalam sensasi TouchWitch berbasis Android 5.1.1 Lollipop yang menjadi ciri khas dari sang vendor teknologi asal Korea Selatan ini, Jerukers. Selain itu, dengan interface sederhana yang diusung oleh smartphone yang satu ini, kita semakin mudah untuk mengakses segala aplikasi dan juga pengaturan yang kita inginkan, lho.

Dan tak sampai di situ saja, seolah mengetahui kebutuhan dari para kaum urban yang memiliki tingkat mobilitas super padat, Samsung pun mempersenjatai Galaxy S6 Edge+ dengan fitur pengendalian menggunakan satu tangan saja. Dengan menekan tombol menu sebanyak 3 kali secara berurutan Jerukers akan menjumpai tampilan layar yang mungil dalam smartphone berukuran 5,7 inci ini.

Selain itu, saat pertama kali mengaktifkan ponsel yang satu ini, kita akan menjumpai sisa dari kapasitas memori yang masih cukup besar berukuran 26 GB dari total penyimpanan berukuran 32 GB. Sayangnya, Samsung Galaxy S6 Edge+ tidak mendukung keberadaan dari memori tambahan seperti ponsel sejenis lainnya.

Camera

Nah, untuk urusan kamera, sepertinya Jerukers tak perlu meragukan kemampuan dan juga keunggulan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S6 Edge+. Pasalnya, ponsel yang satu ini didukung oleh kamera utama berukuran 16 MP yang diperkaya dengan fitur Flash dan juga sensor CMOS yang terbukti mampu menangkap gambar berkualitas ciamik.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan akan selfie dari para kaum urban yang sangat perduli dengan eksistensi diri di social media, Samsung Galaxy S6 Edge+ telah dipersenjatai dengan kamera depan berukuran 5 MP yang diperkaya dengan fitur beauty.

Dan tidak hanya ukuran piksel saja yang ditekankan oleh Samsung kedalam Galaxy S6 Edge+ garapannya kali ini Jerukers. Pasalnya, berdasarkan uji coba yang telah dilakukan oleh tim JerukNipis sebelumnya, terbukti bahwa ponsel yang dipersenjatai dengan fitur Auto, Pro, Selective Focus, Panorama, Video Collage, Live Broadcast, Slow Motion, Fast Motion, dan juga Virtual Shot ini mampu menghasilkan gambar berkualitas mumpuni, bahkan saat kita tengah melaju dengan kendaraan kecepatan tinggi, lho.

Dengan dibenamkannya sensor CMOS kedalam smartphone yang satu ini, terbukti sudah bahwa pencahayaan yang minim bukanlah sebuah kendala berarti bagi kita yang ingin mengabadikan beragam momen indah bersama keluarga, sahabat maupun kekasih tercinta. Agar Jerukers tak penasaran, berikut ini adalah beragam momen dan objek yang berhasil tim JerukNipis abadikan dengan menggunakan Samsung Galaxy S6 Edge+.

 

Battery

Kekuatan baterai yang mumpuni yang diusung oleh sebuah ponsel tentu menjadi salah satu faktor penting yang dapat menunjang performa sebuah smartphone. Dan seolah menyadari hal tersebut, Samsung pun membekali Galaxy S6 Edge+ terbaru garapannya dengan baterai berukuran 3.000 mAh Jerukers.

Selain itu, berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh tim JerukNipis sebelumnya, fitur Fast Charge yang telah ditanamkan oleh Samsung kedalam Galaxy S6 Edge+ ini terbilang sangat membantu. Pasalnya, untuk mengisi baterai dari posisi 0% ke 100% kita hanya membutuhkan waktu selama 1 jam saja lho. Dan untuk pemakaian normal dimana kita membuka beragam aplikasi dan juga messenger, ponsel yang satu ini dapat bertahan selama lebih dari 10 jam, Jerukers.

Conclusion

Tampilan super mewah bernuansa metal yang dikombinasikan oleh Samsung ketangguhan yang mumpuni serta kemampuan kamera nan ciamik dan beragam fitur-fitur unggulan lainnya di dalam Galaxy S6 Edge+ terbilang sangat memuaskan Jerukers. Banderol harga senilai Rp 12,5 juta yang disematkan oleh sang vendor kepada ponsel teranyarnya tersebut sepertinya merupakan harga yang sangat sepadan apabila kita mengacu pada kepuasaan penggunaan yang akan diberikan oleh ponsel dengan layar cukup tersebut.

Nilai Plus

Plus

- Memiliki desain mewah bernuansa metal

- Kemampuan kamera yang dimiliki telah dilengkapi dengan beragam fitur menarik

- Mendukung Fast Charging

- Memiliki desain ergonomis yang nyaman untuk digenggam

- Dilengkapi dengan sensor sidik jari

Minus

- Tidak memiliki slot micro-SD

- Lapisan metal pada smartphone membuat sedikit licin bila digenggam dengan tangan yang berkeringat

Spesification

- Layar Dual-Edge Super AMOLED, 5,7 inchi, QHD, 518ppi, Gorilla Glass 4

- Prosesor 64-bit octa-core Exynos 2,1 GHz

- RAM 4 GB, ROM 32 GB (tidak ada slot micro-SD

- OS Android 5.1.1 Lollipop

- Konektivitas Nano-SIM 4G LTE, Wi-Fi, NFC, Bluetooth 4.0, GPS

- Baterai (non-removable) 3000 mAh

- Pilihan warna Gold Platinum, Silver Titanium

- Harga Rp 12,5 juta tersedia secara ekslusif di Lazada