Review BenQ B502: Smartphone Ringan yang Nyaman Digunakan

Review BenQ B502: Smartphone Ringan yang Nyaman Digunakan

Apakah Jerukers ingat dengan 'perkawinan' antara BenQ dan Siemens yang melahirkan perangkat ponsel yang sempat eksis di Tanah Air? Nah, setelah 'cerai' dari perusahaan Jerman tersebut, vendor Taiwain ini rupanya tidak ingin berlama-lama menghilang dari industri ponsel dan siap memulai debutnya di Indonesia dengan perangkat bertitel BenQ B502. Sekeren apa sih?

Design
Dengan mengusung material berbahan plastik yang terasa cukup padat dan kokoh, BenQ 502 hadir dengan pesonanya tersendiri Jerukers. Sebab, dengan layar berukuran 5 inci serta bobot sebesar 113 gram, ponsel ini tentunya sangat nyaman untuk digenggam. Sangat ergonimis! 

Peletakan tombol kunci dan pengaturan pada bagian samping kanan, serta lubang audio jack dan juga USB di bagian atas dan juga bawah ponsel layaknya smartphone kebanyakan saat ini, rasanya mampu mempermudah Jerukers untuk menggunakan ponsel ini sebagaimana yang dilakukan JerukNipis.

Display

Mengusung layar berteknologi IPS dengan ukuran 5 inci serta resolusi 720 x 1280 piksel, BenQ B502 sejatinya tak kalah unggul dengan smartphone lain di kelasnya. Sehingga Jerukers tak akan kesulitan ketika menggunakan ponsel ini untuk sekedar membaca, bermain game, maupun mengintip video-video menarik yang ada di jagat dunia maya saat ini. 

Layar BenQ B502 cukup nyaman untuk dipandang mata, terkecuali terkena paparan sinar matahari langsung, di mana brightness-nya sedikit terpengaruh. 

Performance
Menjelajah ke dalam rangkaian dapur pacu yang diusung BenQ B502, Jerukers akan disuguhi dengan kemampuan dari OS Android 4.4 KitKat dan prosesor quad-core MediaTek MTK6582 berkecepatan 1,3 GHz yang terbilang cukup mumpuni. 

Dan dengan ditanamkannya RAM sebesar 1 GB serta memori internal berukuran 8 GB yang dapat dimaksimalkan hingga 32 GB dengan bantuan micro-SD, maka Jerukers tak perlu khawatir akan mengalami gangguan dalam mengunduh suatu file atau aplikasi lantaran kurangnya memori yang tersedia.

Namun, untuk lebih jelasnya, tim JerukNipis telah menyiapkan Benchmark dari beberapa jenis platform sebagai berikut:
(gambar 4,5,6,7,8,9,10,11)

User Interface
Meski hadir dengan tampilan yang terbilang cukup biasa untuk sebuah ponsel berbasis Android. Namun ada satu keunikan yang menurut tim JerukNipis cukup layak untuk diacungi jempol dari BenQ B502 ini Jerukers, tidak hanya tampil dengan layout yang sederhana dan simple, launcher yang dihadirkan juga sangat intuitif dan bisa dikustomasi sesuka hati.

Dan dengan sedikit usaha, maka Jerukers dapat mengelompokkan aplikasi-aplikasi tersebut sesuai dengan fungsinya pada halaman utama ponsel dengan cukup mudah.
(gambar 12,13)

Camera
Mungkin ini adalah bagian terbaik dari BenQ B502 ini Jerukers. Meski hanya mengusung kamera berkekuatan 13 MP pada bagian belakang ponsel serta kamera sebesar 5 MP sebagai kamera depannya, namun ponsel pintar ini memiliki satu fitur super cemerlang bernama Face Beauty yang bisa membuat foto selfie menjadi lebih keren.
     
Meski telah banyak smartphone berbasis 'Selfie Phone' yang mengusung fitur sejenis, namun harus diakui bahwa kehadiran fitur unggulan ini,membuat kegiatan menangkap gambar di dalam ruangan maupun diluar ruangan menggunakan BenQ B502 ini akan terasa cukup menyenangkan. 
     
Sayangnya, berdasarkan pengalaman tim JerukNipis yang telah terlebih dahulu mencicipi BenQ B502 ini. Sepertinya kamera pada smartphone asal Taiwan ini mengalami sedikit kesulitan untuk menangkap gambar di tempat yang minim cahaya Jerukers.
     

Battery

Kapasitas baterai berukuran 1800 mAh yang cukup minim dari BenQ B502 ini sepertinya akan menjadi benturan tersendiri bagi Jerukers yang mengharapkan daya tahan yang cukup mumpuni dari sebuah smartphone. Memang tak terlalu istimewa, tetapi bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari dengan setidaknya selalu membawa charger untuk berjaga-jaga.

Conclusion

Namun, meski terbilang memiliki celah di segi daya tahan baterai, sepertinya BenQ B502 ini cukup layak untuk dimiliki oleh Jerukers yang gemar berselfie-ria. Mengingat fitur Face Beauty yang diusung ponsel ini mampu menghasilkan gambar yang sangat luar biasa meski terbilang cukup 'menipu' mata.

Top Notch 

- OS : Android 4.4 KitKat
- Layar : IPS 5 inci (1280 x 720), 320ppi
- CPU : quad-core MediaTek MTK6582 
- GPU : ARM Cortex-A7
- Memory : RAM 1 GB, ROM 8 GB (bisa ditambah hingga 32 GB)
- Konektivitas : Dual-SIM / HSDPA-GSM
- Kamera Belakang : 13 MP, BSI Sensor, Flash, bukaan F2.4, Face Beauty Mode
- Kamera Depan : 5 MP, Face Beauty Mode
-Baterai : 1800 mAh