Waduh! 6 Aplikasi pada Windows 10 Store Ini Absen, Bahkan Belum Dikembangkan

Waduh! 6 Aplikasi pada Windows 10 Store Ini Absen, Bahkan Belum Dikembangkan

Windows Phone kini telah memperbarui platform-nya, dari versi 8.1 kini menjadi Windows 10 Mobile. Kali ini JerukNipis akan membahas perubahan apa saja yang akan dirasakan penggunanya saat menggenggam handset Windows 10 Mobile Lumia 950, terutama terkait masalah ekosistemnya. 

FYI, Lumia 950 ini merupakan handset Microsoft yang pertama kali menjalankan sistem operasi Windows 10 Mobile.

MixRadio

Sulit sekali mencari aplikasi streaming musik di OS Windows 10, bahkan aplikasi streaming musik yang menjadi bawaan di Windows Phone 8.1 seperti MixRadio, kini menghilang di Windows 10 Store. Hal ini mungkin karena aplikasi tersebut sudah diakuisisi oleh perusahaan layanan aplikasi berbalas pesan Line, jadi hanya disediakan untuk OS Android dan iOS saja. 

Path

Pada Windows Phone 8.1, aplikasi jejaring sosial populer yang bebas iklan ini bisa berjalan cukup baik. Tapi JerukNipis sendiri juga tidak tahu, mengapa di Windows 10 Store tidak ada lagi aplikasi Path?

Aplikasi Email Client Pihak Ketiga Harus Terintegrasi  Outlook Mail

Di Windows 10 Store tidak ada lagi aplikasi email client pihak ketiga seperti Gmail atau Yahoomail. Oleh karena itu, JerukNipis merekomendasikan tetap menggunakan Outlook Mail untuk menambahkan dan mengintegrasikan beberapa akun email client yang kamu butuhkan.

Google apps beserta bawaannya                                                 

Aplikasi bawaan Google meliputi Google Chrome, Google Drive, Google Photos, Google Maps tidak tersedia di dalam toko aplikasi Windows 10 Store. Padahal pada Windows Phone 8.1, masih ada pihak ketiga yang mengembangkan aplikasi-aplikasi ini.

YouTube

Aplikasi ini besutan tim developer Microsoft sendiri. Tapi anehnya, apabila membuka video malah masuk ke browser mobile Microsoft Edge. Jadi YouTube yang kamu buka adalah YouTube versi mobile. Duh, kalau begitu buat apa pakai aplikasi? 

Sebenarnya yang seperti ini sudah terjadi pada OS Windows Phone 8.1. Namun sepertinya tidak ada perkembangan lebih lanjut di OS terbaru ini.

Instagram Masih Beta

Sejak masih berada di Windows Phone Store versi 8.1, aplikasi Instagram masih dalam versi beta. Sekarang pada Windows 10 Store yang notabene sudah sekitar enam tahun keeksisannya, aplikasi jejaring sosial berbagi foto ini masih beta. Bahkan beberapa pengguna juga mengaku sulit mengunggah video di versi beta ini. Kapan ya Instagram jadi full version di Windows Phone? 

(KV/KV)